Tugas-Tugasku..

Kamis, 15 Maret 2012

Ragam Bahasa

Tugas Bahasa Indonesia
·         Analisis ragam-ragam bahasa yang digunakan sehari-hari!
Jawaban
·         Ragam bahasa ekspresi : menggeleng (tidak, menolak, belum), mengangguk (iya, menyetujui, sudah)
·         Ragam bahasa keakraban : selamat pagi pak (ke orang yang kurang akrab), Hai sist (ke orang yang akrab)
·         Ragam bahasa berdasarkan penutur :
1.       Ragam bahasa berdasarkan daerah (logat / dialek) : Bahasa Indonesia yang digunakan oleh orang yang tinggal di Jakarta berbeda dengan bahasa Indonesia yang digunakan di Jawa Tengah, Bali, Jayapura. Masing-masing memiliki cirri khas yang berbeda-beda. Misalnya logat Bahasa Indonesia orang Jawa Tengah tampak pada pelafalan “B” pada posisi awal saat melafalkan nama-nama kota seperti Bogor, Bandung dan lain-lain.
2.       Ragam Bahasa berdasarkan pendidikan penutur : Bahasa Indonesia yang digunakan oleh kelompok penutur yang berpendidikan berbeda dengan yang tidak berpendidikan, dalam pelafalan kata yang berasal dari bahasa asing, misalnya kompleks, vitamin, video, film, fakultas. Penutur yang tidak berpendidikan mungkin akan mengucapkan pitnah, pideo, komplek, pitamin, pilm, pakultas.
3.       Ragam bahasa berdasarkan sikap penutur : Ragam bahasa dipengaruhi juga oleh setiap penutur terhadap kawan bicara misalnya, kita dapat mengamati bahasa seorang bawahan ketika melapor kepada atasannya. Makin formal bahasa penutur dan kawan bicara akan makin resmi dan makin tinggi tingkat kebakuan bahasa yang digunakan. Sebaliknya, makin rendah tingkat keformalannya, makin rendah pula tingkat kebakuan bahasa yang digunakan.
·         Ragam bahasa berdasarkan social dan fungsional :
1.       Ragam Sosial : ragam yang sebagian norma dan kaidahnya didasarkan atas kesepakatan bersama dalam lingkungan social yang lebih kecil dalam masyarakat. Ragam bahasa yang digunakan dalam keluarga atau persahabatan dua orang yang akrab dapat merupakan ragam social tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar