Tugas-Tugasku..

Minggu, 25 Desember 2011

TIK



BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Komputer saat ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Bahkan pada beberapa perusahaan penggunaan komputer menjadi suatu keharusan untuk menunjang pekerjaan. Begitu juga dalam dunia pendidikan.
Oleh sebab itu, pengenalan komputer pada siswa Sekolah Dasar sangat diperlukan. Selain mereka belajar, mereka juga dapat mengasah kreatifitas melalui program yang tersedia seperti paint.
“Seni merupakan lakon, menolong anak-anak untuk memahami dunia mereka. Tetapi seni melebihi lakon membuat mereka mengekspresikan pengalaman-pengalaman dan fantasi-fantasi individu dengan cara-cara konkret dan mendesak. Seni mengundang mereka untuk menyentuh dan melakukan eksperimen, mengeksplorasi dan mentransformasi.” Beal dan Miller (2003 : 1)
Secara alamiah anak sudah memiliki seni. Siswa sekolah dasar sudah bisa mengembangkan dan mempunyai imajinasi. Mereka mulai mempelajari dan menyerap segala yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Setiap benda yang dimainkan berfungsi sesuai dengan imajinasi siswa.
Akan lebih baik jika jiwa seni yang dimiliki siswa diarahkan menggunakan program paint, agar pengalaman seni mereka penuh eksplorasi, tidak mengancam dan menyenangkan.

1.2       Perumusan Masalah
Adapun  perumusan masalah yang akan saya uraikan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.    Apakah pengertiian paint?
2.    Bagaimana bentuk  jendela program paint?
3.    Apakah manfaat program paint untuk siswa sekolah dasar?”
                                                                                                                            
1.3       Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahuai pengertian paint.
2.    Untuk mengetahui bentuk jendela program paint.
3.    Untuk mengetahui manfaat dari program paint untuk siswa sekolah dasar.










BAB II
PEMBAHASAN
2.1                 Pengertian Program Paint
Paint atau lebih dikenal dengan nama sebelumnya pada Windows terdahulu sebagai Paintbrush adalah program graphic painting sederhana yang terintegrasi dengan hampir seluruh versi Microsoft Windows, sejak perilisan pertamanya. Sering dirujuk sebagai MS Paint atau Microsoft Paint. Program ini dapat membuka dan menyimpan gambar dalam berbagai format, yaitu BMP, JPEG, GIF, PNG, dan TIFF. [1]
Program ini menyediakan sarana menggambar cukup lengkap, seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks. Penggunaannya yang cukup mudah membuat siswa sekolah dasar tidak kesulitan untuk dapat mengaplikasikannya.
Langkah-langkah memulai program Paint adalah :
1.    Klik tombol start
2.    Pilih All Programs
3.    Pilih Accessories
4.    Pilih dan Klik Paint
5.    Tunggu sampai muncul jendela Paint







2.2    Jendela Program Paint
Adapun jendela program paint ad alah sebagai berikut:
  1. Title bar atau baris judul ini berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang .aktif dijendela paint.
  2. Menu bar atau baris menu, berisi File, Edit, View, Image, Colors, Help
  3. Tool Box, berisi peralatan menggambar (Untuk  memunculkan menggunakan CTRL + T atau bisa dilihat pada menu view).
  4. Color Box berisi pilihan warna yang bisa kita pilih saat menggambar nanti (Untuk  memunculkan menggunakan CTRL + L atau bisa anda lihat di menu view).
  5. Lembar kerja paint yang nantinya kita gunakan untuk tempat menggambar.

Gambar Jendela Program PaintDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEij949uczWiC7ZtiUkR3HJv3rwoonadgmrUszEn-xAtwobrpJTKaYWobBc_xKfhzCTiX5Lqmbhi959HJdiQc67sS0FPyK4k7ih_yISqmIvUvIJFUqi0J7zVgiMd2Xqfj3Ry-Kh173txseM/s1600/jendela-paint.gift






Untuk keterangan Tool Box bisa anda lihat pada gambar berikut:    
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj63qhmZdrZIT5GTlauWhHB_cRf3uxEfSlYg-RuHKunYBE8_Jw29FX_MFE2AH7GIp8NJogXTa_dzGxXm1ZXvCCsf15bijBtzP11id8Qcpfhy5D6dTTaZLv5JrP51Lt7vxGprIMsoCtfJj8/s320/tool-box.gif


1.    Untuk memulai menggambar, kita bisa menggunakan salah satu tool, sebagai Free-from select : Membuat seleksi bebas.
2.    Select : Membuat seleksi berbentuk kotak /balok.
3.    Erase/Color Erase : Untuk menghapus objek.
4.    Fill with color : Memberi warna objek dengan bidang tertutup.
5.    Pick Color : Untuk membuat seleksi warna.
6.    Magnifier : Untuk memperbesar suatu ukuran objek di lembar kerja.
7.    Air Brush : Untuk membuat objek Brush.
8.    Line : Untuk membuat garis lurus.
9.    Curve : Untuk membuat garis lengkung.
10. Rectangle : Untuk membuat objek Kota.
11. Polygon : Untuk membuat garis lurus yang saling berhubungan.
12. Oval : Untuk membuat objek oval / lingkaran.
13. Rounded Rectangle : Untuk membuat objeck kotak dengan sudut tumpul.

                                                                                                       
2.3    Manfaat Program Paint Untuk Siswa Sekolah Dasar
Adapun manfaat program paint untuk siswa SD adalah sebagai berikut:
·         Untuk melatih siswa sekolah dasar memegang mouse.
·         Melatih kejelian, dan ketepatan dalam mengeklik pada siswa sekolah dasar.
·         Untuk menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik siswa.
·         Mengembangkan kebiasaan pada siswa untuk mengekspresikan diri.
·         Mengembangkan citra diri siswa.
·         Siswa dapat mengenal estetika keindahan warna.
·         Hasil gambarnya lebih menarik.
                                     
                                     









BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
Paint adalah fitur / program bawaan windows yang menyediakan sarana menggambar, seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks. Paint juga bermanfaat untuk membantu siswa sekolah dasar untuk mengekspresikan diri, melatih siswa sekolah dasar memegang mouse dan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik siswa.
3.2    Saran                 
Disarankan kepada  mahasiswa UNJ PGSD untuk menguasai program paint. Agar kelak ketika mengajar, dapat mengaplikasikannya dan mengajarkannya kepada peserta didik.









Daftar Pustaka
Aprillianto, Donny. 2009. Menggambar Asyik Pakai Microsoft Paint Untuk Anak. Jakarta: Pustaka Anggrek
Munandar, Utami; C.S. 1988. Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta: Sinar Harapan
M. Ramlan, 2000. Pengertian Program Paint. Jakarta: Angkasa
Oren Studio Blog’s. Pentingnya Belajar Komputer Untuk Anak.Blog at WordPres.com




[1] M. Ramlan, Pengertian Program Paint (Jakarta: Angkasa, 2000) halm. 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar