EFEKTIFITAS PENDIDIKAN
DI INDONESIA
Pendidikan
yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan
mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. (Sri
Martini, 2009: 143). Dengan demikian pendidik baik guru maupun dosen dituntut
untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar meteri pembelajaran yang
diajarkan tersebut dapat berguna.
Efektifitas
pendidikan di Indonesia sangat rendah. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya
tujuan pendidikan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal
ini menyebabkan peserta didik dan pendidik tidak memiliki gambaran yang jelas
dalam proses pendidikan. Jelas hal ini merupakan masalah terpenting jika kita
menginginkan efektifitas pengajaran. Bagaimana mungkin tujuan kita akan
tercapai jika kita tidak tahu apa tujuan kita.
Dalam
pendidikan di Sekolah Menengah Pertama misalnya, seorang murid yang mempunyai
kelebihan dibidang science dan terpaksa mengikuti program studi IPS akan
menghasilkan efektifitas pengajaran yang lebih rendah jika dibandingkan dengan
peserta didik yang mengikuti program studi sesuai dengan bakat dan minatnya.
Hal inilah yang banyak terjadi di Indonesia.
Untuk
mengatasi permasalahan efektifitas ini salah satunya dengan mengubah
system-sistem sosial yang berkaitan dengan system pendidikan dan meningkatkan
kualitas guru serta prestasi siswa.
Tema : Pendidikan
Sub Tema : Masalah Pendidikan di Indonesia
( Efektifitas Pendidikan di Indonesia)
Garis-garis besar :
Paragraf I Pengertian Pendidikan yang Efektif
Paragraf II Efektifitas Pendidikan di Indonesia
Akibat dari Ketidak Efektifan
Pendidikan
Paragraf III Contoh Ketidak Efektifan yang
Terjadi di Indonesia
Paragraf IV Cara Mengatasi Masalah yang Terjadi
Jenis Paragraf : Eksposisi
Disusun Oleh
·
Miar Trianingsih
·
(1815106304)
·
Non Reguler
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar