BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Komputer saat ini
sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Bahkan pada beberapa perusahaan
penggunaan komputer menjadi suatu keharusan untuk
menunjang pekerjaan. Begitu juga dalam dunia pendidikan.
Oleh sebab itu,
pengenalan komputer pada siswa Sekolah Dasar sangat diperlukan. Selain mereka belajar,
mereka juga dapat mengasah kreatifitas melalui program yang tersedia seperti
paint.
“Seni merupakan lakon, menolong anak-anak
untuk memahami dunia mereka. Tetapi seni melebihi lakon membuat mereka
mengekspresikan pengalaman-pengalaman dan fantasi-fantasi individu dengan
cara-cara konkret dan mendesak. Seni mengundang mereka untuk menyentuh dan
melakukan eksperimen, mengeksplorasi dan mentransformasi.” Beal dan Miller (2003
: 1)
Secara alamiah anak sudah memiliki seni. Siswa
sekolah dasar sudah bisa mengembangkan dan mempunyai imajinasi. Mereka mulai
mempelajari dan menyerap segala yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Setiap
benda yang dimainkan berfungsi sesuai dengan imajinasi siswa.
Akan lebih baik jika jiwa seni yang dimiliki
siswa diarahkan menggunakan program paint, agar pengalaman seni mereka penuh
eksplorasi, tidak mengancam dan menyenangkan.
1.2
Perumusan
Masalah
Adapun perumusan
masalah yang akan saya uraikan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah
pengertiian paint?
2. Bagaimana
bentuk jendela program paint?
3. Apakah
manfaat program paint untuk siswa sekolah dasar?”
1.3
Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai
berikut:
1. Untuk
mengetahuai pengertian paint.
2. Untuk
mengetahui bentuk jendela program paint.
3. Untuk
mengetahui manfaat dari program paint untuk siswa sekolah dasar.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Program Paint
Paint atau lebih dikenal dengan nama sebelumnya pada
Windows terdahulu sebagai Paintbrush adalah program graphic painting sederhana
yang terintegrasi dengan hampir seluruh versi Microsoft Windows, sejak
perilisan pertamanya. Sering dirujuk sebagai MS Paint atau Microsoft Paint.
Program ini dapat membuka dan menyimpan gambar dalam berbagai format, yaitu
BMP, JPEG, GIF, PNG, dan TIFF. [1]
Program ini menyediakan sarana menggambar cukup lengkap,
seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan
pengeditan teks. Penggunaannya yang cukup mudah membuat siswa sekolah dasar
tidak kesulitan untuk dapat mengaplikasikannya.
Langkah-langkah
memulai program Paint adalah :
1. Klik tombol start
2. Pilih All Programs
3. Pilih Accessories
4. Pilih dan Klik Paint
5. Tunggu sampai muncul jendela Paint
2.2 Jendela
Program Paint
Adapun jendela
program paint ad alah sebagai berikut:
- Title bar atau baris judul ini berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang .aktif dijendela paint.
- Menu bar atau baris menu, berisi File, Edit, View, Image, Colors, Help
- Tool Box, berisi peralatan menggambar (Untuk memunculkan menggunakan CTRL + T atau bisa dilihat pada menu view).
- Color Box berisi pilihan warna yang bisa kita pilih saat menggambar nanti (Untuk memunculkan menggunakan CTRL + L atau bisa anda lihat di menu view).
- Lembar kerja paint yang nantinya kita gunakan untuk tempat menggambar.
Gambar Jendela Program Paint
t

Untuk
keterangan Tool Box bisa anda lihat pada gambar berikut:
1. Untuk memulai menggambar, kita bisa
menggunakan salah satu tool, sebagai Free-from select : Membuat seleksi
bebas.
2. Select : Membuat seleksi berbentuk kotak
/balok.
3. Erase/Color Erase : Untuk
menghapus objek.
4. Fill with color : Memberi warna objek dengan bidang
tertutup.
5. Pick Color : Untuk membuat seleksi warna.
6. Magnifier : Untuk memperbesar suatu ukuran
objek di lembar kerja.
7. Air Brush : Untuk membuat objek Brush.
8. Line : Untuk membuat garis lurus.
9. Curve : Untuk membuat garis lengkung.
10. Rectangle : Untuk membuat objek Kota.
11. Polygon : Untuk membuat garis lurus yang
saling berhubungan.
12. Oval : Untuk membuat objek oval /
lingkaran.
13. Rounded
Rectangle : Untuk membuat
objeck kotak dengan sudut tumpul.
2.3 Manfaat
Program Paint Untuk Siswa Sekolah Dasar
Adapun
manfaat program paint untuk siswa SD adalah sebagai berikut:
·
Untuk melatih siswa
sekolah dasar memegang mouse.
·
Melatih kejelian, dan
ketepatan dalam mengeklik pada siswa sekolah dasar.
·
Untuk
menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik
siswa.
·
Mengembangkan
kebiasaan pada siswa untuk mengekspresikan diri.
·
Mengembangkan citra
diri siswa.
·
Siswa dapat mengenal
estetika keindahan warna.
·
Hasil gambarnya lebih
menarik.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Paint adalah fitur / program bawaan windows yang
menyediakan sarana menggambar, seperti membuat garis lurus, melengkung,
lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks. Paint juga bermanfaat untuk
membantu siswa sekolah dasar untuk mengekspresikan diri, melatih siswa sekolah
dasar memegang mouse dan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak
serta melatih saraf motorik siswa.
3.2 Saran
Disarankan kepada mahasiswa UNJ PGSD untuk menguasai program
paint. Agar kelak ketika mengajar, dapat mengaplikasikannya dan mengajarkannya
kepada peserta didik.
Daftar Pustaka
Aprillianto,
Donny. 2009. Menggambar Asyik Pakai
Microsoft Paint Untuk Anak. Jakarta: Pustaka Anggrek
Munandar,
Utami; C.S. 1988. Kreativitas
Sepanjang Masa. Jakarta: Sinar Harapan
M. Ramlan, 2000. Pengertian Program Paint. Jakarta: Angkasa
Oren
Studio Blog’s. Pentingnya Belajar
Komputer Untuk Anak.Blog at WordPres.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar