Tugas-Tugasku..

Jumat, 15 November 2024

Modul 1 Topik 2 A1-4

 

16 Nov. 24

Topik ini akan memanfaatkan pengetahuan yang Anda peroleh tentang UDL dari Topik 1, mengembangkannya, dan dengan demikian memungkinkan Anda untuk merencanakan dan memprogram menggunakan kerangka kerja UDL dan prinsip-prinsipnya.  

Kita akan mendalami tiga prinsip UDL dan panduannya. Setiap aktivitas akan berfokus pada satu prinsip dan akan melihat lebih dekat pada pedoman dalam tiga prinsip tersebut. Anda juga akan belajar untuk memilih strategi dan sumber daya mana yang akan meningkatkan keterlibatan, representasi, dan tindakan serta ekspresi untuk peserta didik Anda yang beragam. Anda akan diberikan studi kasus untuk setiap prinsipnya dan Anda akan mengkritisi studi kasus ini dengan mengidentifikasi praktik-praktik yang memfasilitasi lingkungan dan interaksi yang inklusif. 

Berikut ini adalah graphic organizer UDL untuk mengasah ingatan Anda:

CAST (2024)

 

Sebelum kita mulai, ada sebuah catatan tentang desain fisik lingkungan pembelajaran inklusif. Penelitian selama 20 tahun terakhir menunjukkan bahwa desain ruang kelas mempengaruhi pembelajaran peserta didik (Blackmore dkk. 2011; Mulcahy dkk., 2015; Charteris & Smardon, 2019). Sebuah penelitian (Barrett et al. 2015), menemukan bahwa perbedaan desain ruang kelas menunjukkan 16% perbedaan kemajuan belajar dalam setahun. Ketika merancang ruang kelas atau lingkungan belajar, pertimbangkan aspek-aspek berikut ini: cahaya, suara, warna, ketentuan ruang, dan jarak pandang (Page et al., 2023). Anda akan mempelajari lebih lanjut mengenai hal ini di Modul 3.

 

Prinsip UDL yaitu merancang berbagai sarana keterlibatan, memiliki 3 pedoman untuk membantu kita mendukung peserta didik agar memiliki tujuan dan motivasi:

Pedoman 7 - Merancang pilihan untuk Menghargai Minat dan Identitas

  • Mengoptimalkan pilihan dan kemandirian 
  • Mengoptimalkan relevansi, nilai, dan keaslian
  • Menumbuhkan kegembiraan dan keceriaan
  • Mengatasi bias, ancaman dan gangguan

 Pedoman 8 - Merancang pilihan untuk Usaha dan Ketekunan yang Berkelanjutan

  • Meningkatkan penonjolan tujuan dan sasaran
  • Mengoptimalkan tantangan dan dukungan
  • Membina kolaborasi, saling bekerja sama dan pembelajaran kolektif
  • Memupuk rasa memiliki dan kebersamaan
  • Memberikan umpan balik yang berorientasi pada tindakan

Pedoman 9 - Merancang pilihan untuk Kapasitas Emosional

  • Mengenali harapan, keyakinan dan motivasi
  • Mengembangkan kesadaran diri dan orang lain
  • Mengenalkan refleksi individu dan kolektif
  • Menanamkan empati dan praktek pemulihan

 

Untuk mendorong keterlibatan dalam pembelajaran, penting untuk mengenali dan menghargai minat serta identitas unik setiap peserta didik, termasuk aspek-aspek seperti ras, budaya, gender, bahasa, dan disabilitas. Mengakui berbagai hal yang dapat menarik minat dan melibatkan peserta didik serta menciptakan lingkungan yang menghormati martabat mereka sangatlah penting. 

Bahkan dalam diri peserta didik yang sama, minat dan kaitannya dengan identitas mereka dapat berubah seiring waktu, saat mereka tumbuh dan memperoleh pengetahuan baru. Membangun lingkungan belajar yang merangkul identitas penuh setiap peserta didik sangat penting untuk memastikan mereka dapat sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran (CAST, 2024)

 

Belajar adalah proses berkelanjutan yang sering kali menuntut upaya dan tekad. Peserta didik mempunyai cara yang berbeda-beda agar tetap termotivasi untuk mengatasi tantangan, dan ini dapat bervariasi berdasarkan konteks (CAST, 2024). 

Untuk membantu usaha dan ketekunan yang berkelanjutan, diperlukan strategi belajar efektif yang meliputi penetapan tujuan yang bermakna, memberikan dukungan untuk tugas yang menantang, mendorong kolaborasi dan rasa memiliki, serta menawarkan umpan balik yang berkelanjutan dan dapat ditindaklanjuti. Faktor-faktor eksternal dalam lingkungan belajar ini membantu peserta didik dan kelompok tetap terhubung dan termotivasi untuk mencapai tujuan mereka (CAST, 2024)

 

Bagian penting dari perkembangan manusia adalah belajar mengenali emosi, mengelola pikiran dan perilaku, serta berempati dengan orang lain. Emosi merupakan bagian integral dari pengalaman manusia dan tidak menghalangi pemikiran rasional. Lingkungan belajar yang efektif membantu peserta didik mengembangkan kemampuan untuk mengatur emosi mereka dan membuat pilihan yang mendukung pembelajaran mereka. Sementara beberapa orang secara alami mengembangkan keterampilan ini melalui pengalaman atau dengan mengamati orang lain, banyak yang mendapat manfaat dari dukungan langsung (CAST, 2024).

Sayangnya, beberapa lingkungan belajar tidak secara eksplisit mengajarkan keterampilan pengaturan emosi ini, sehingga tidak dapat diakses oleh banyak peserta didik. Pendidik yang berfokus pada pengembangan kapasitas emosional, dengan memodelkan dan menggunakan berbagai metode, lebih siap untuk menerapkan prinsip-prinsip UDL. Karena peserta didik sangat berbeda, agar pendekatan berhasil harus menawarkan berbagai pilihan untuk mendukung keberagaman ini. Penting bagi peserta didik untuk mengembangkan strategi pemecahan masalah, tetapi pembelajaran di kelas tidak boleh memaksa mereka untuk menghadapi kondisi yang tidak adil (CAST, 2024).

Tantangannya adalah merancang kelas yang mampu membangun kapasitas emosional sambil menghargai perbedaan antar peserta didik.

Sekarang setelah Anda memahami lebih banyak tentang memberikan pilihan untuk Menerima Minat dan Identitas, Melanjutkan Usaha dan Kegigihan, dan Kapasitas Emosi, terapkan pengetahuan baru Anda pada studi kasus ini. Ketika Anda membaca tentang Elang, pikirkan tentang bagaimana dia mampu atau tidak mampu:

  • Menghargai diri seutuhnya. 
  • Menghadapi tantangan dengan fokus dan tekad.
  • Memanfaatkan kekuatan emosi dan motivasi dalam belajar.

Prinsip UDL yaitu Menyediakan berbagai cara Representasi memiliki 3 panduan untuk membantu kita mendukung peserta didik agar menjadi pandai dan berpengetahuan luas:

  • Pedoman - Menyediakan opsi untuk Persepsi
    • Menawarkan cara untuk menyesuaikan tampilan informasi
    • Menawarkan alternatif untuk informasi auditori
    • Menawarkan alternatif untuk informasi visual
  •  Panduan - Menyediakan opsi untuk Bahasa & Simbol
    • Memperjelas kosakata dan simbol
    • Memperjelas sintaks dan struktur
    • Mendukung penguraian teks, notasi matematika, dan simbol
    • Mendorong pemahaman lintas bahasa
    • Mengilustrasikan melalui berbagai media
  • Pedoman - Menyediakan opsi untuk Pemahaman
    • Mengaktifkan atau menyediakan pengetahuan latar belakang
    • Menyoroti pola, fitur penting, ide besar, dan hubungan
    • Memandu pemrosesan dan visualisasi informasi
    • Memaksimalkan transfer dan generalisasi

Mari kita cermati setiap pedoman secara lebih dekat.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar